Beragam Adat Pernikahan Indonesia

Hello happy couples!

Sepanjang tiga tahun perjalanan FNC Wedding Team, kami telah ikut menyukseskan beragam acara pernikahan dari beragam adat di Indonesia. Kami bekerja sama dengan para vendor adat yang sangat membantu kami dalam kelancaran acara adat baik di rangkaian acara akad nikah maupun rangkaian acara resepsi. Berikut akan kami bahas sekilas beberapa rangkaian upacara adat di Indonesia ya.

Dalam rangkaian adat pernikahan Jawa, ada yang disebut upacara Panggih atau upacara temu manten yang dilangsungkan setelah akad nikah. Dimana saat ijab qabul, pengantin wanita tidak disandingkan di meja akad bersama dengan pengantin pria.

Indi & Donny WeddingPengantin wanita menunggu di ruang tersembunyi dan akan dihadirkan di acara selanjutnya yaitu Panggih. Upacara Adat Panggih yang berasal dari Kota Solo sedikit berbeda dengan Upacara Adat Panggih dari Kota Jogjakarta.

PanggihAcara Panggih biasa diiringi dengan tembang Jawa dan diisi tentang nasihat bagi kedua pengantin dalam adat istiadat Jawa.

Lain lagi dengan budaya dari tanah Sunda. Setelah ijab qabul, biasanya pengantin dan orang tua akan diarahkan oleh pemandu adat untuk melakukan Upacara Adat Pengantin Sunda. Dimulai dari huap lingkung oleh kedua pengantin dan orang tua, kemudian saweran hingga melepas burung merpati. Jika budaya Jawa kental dengan upacara yang tenang nan syahdu, maka Upacara Adat Pengantin Sunda merupakan acara yang cuku meriah karena melibatkan para keluarga dan tamu undangan untuk ikut rebutan saweran dalam rangkaian acaranya.

SawerDSC_0174 DSC_0175

Berbeda pula dengan rangkaian upacara adat Minang. Sesaat sebelum kirab resepsi, ada beberapa tarian yang sangat meriah yang mengiringi pengantin dan rombongan keluarga menuju ke pelaminan. Bunyi gendang tabuik dan alunan talempong merupakan perpaduan yang membuat seluruh tamu undangan tak sabar menantikan kehadiran raja dan ratu dari tanah Minang. Disambut dengan tarian gelombang pasambahan oleh penari-penari Minang. Kirab dalam nuansa adat Minang merupakan salah satu acara yang seru untuk ditonton sebelum acara resepsi dimulai.

Tarian PenyambutanDSC_0074

Nah, jika adat Jawa dan Sunda memiliki upacara pengantin yang dilaksanakan setelah akad nikah dan adat Minang dilangsungkan sebelum resepsi dimulai, berbeda dengan adat Betawi yang memiliki upacara pembuka sebelum diadakan ijab qabul antara kedua pengantin. Namanya Palang Pintu. Upacara yang istilahnya mempertarungkan keberanian calon pengantin pria yang akan menikah dengan gadis pilihannya. Psst. Kedua jagoan dari masing-masing keluarga menggunakan golok sebagai senjata dan mempertontonkan kebolehan mereka dalam adu pencak silat. Ayo tebak jagoan dari pihak mana yang menang?

CITRA-FEISAL 0224Pemenangnya pastilah dari pihak calon pengantin pria dan jagoan pihak pengantin wanita akan kalah. Maka tuan rumah harus mempersilahkan calon pengantin pria masuk dan langsung segera dinikahkan. Biasanya pengantin laki-laki memegang kembang sirih dare sebagai tanda bahwa ialah yang akan menikah sebentar lagi.

CITRA-FEISAL 0241

Dan sebenarnya masih banyak sekali ragam adat pernikahan dari seluruh penjuru Indonesia yang tentunya sangat menarik untuk diikuti dan kitalah sebagai generasi penerus yang wajib melestarikan dengan setidaknya memasukan sedikit unsur adat dalam pernikahan. Siapa bilang menikah dengan adat itu ribet? Hihihi. Seru kok! Yuk hubungi kami untuk detail lebih lengkap ya.

 

Salam,

FNC Wedding Team.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s