Mempersiapkan Pernikahan

Hello happy couples!

Masih bulan Maret berarti masih banyak tanggal di tahun 2015 ini yang bisa kamu jadikan sebagai hari kamu dan pasangan ya. FNC lagi mau bahas tentang mempersiapkan pernikahan nih. Simak ya Q&A berikut ini.

– Apa sih yang paling pertama harus dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan?

Di momen ini tentunya kamu lagi sangat happy ya, karena ini berarti kamu dan pasangan sudah memantapkan hati dan niat untuk melanjutkan hubungan kalian ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Yang pertama tentunya meresmikan di depan orang tua dulu untuk meminta restu. Biasanya setelah kesepakatan antar orang tua dan antar kalian, muncullah sebuah perkiraan tanggal pernikahan yang pas. Pengumuman tanggal pernikahan ini bisa lewat acara lamaran yang jaraknya bisa disesuaikan dengan waktu kalian. Misalnya lamaran diadakan enam bulan sebelum tanggal pernikahan.

– Terus?

Selanjutnya, kamu dan pasangan (juga orang tua kalian) bisa mendiskusikan kira-kira konsep pernikahan apa yang nanti akan diselenggarakan. Apakah ingin intim hanya dengan keluarga dan kerabat terdekat saja atau pesta meriah yang mengundang semua kolega sekalian. Pertimbangkan pula mengenai tempat pernikahan (di kota domisili sekarang ataukah di kota asal), kemudian mengenai biaya pernikahan dan konsep acara nanti.

– Kenapa tiga hal itu jadi paling penting dan utama?

Karena paling krusial dan sensitif. Setelah tiga hal tadi sudah kalian bahas bersama, mulailah cari vendor pernikahan yang kira-kira paling sesuai. Jika tertarik menggunakan jasa wedding planner karena kalian merasa membutuhkan jasa mereka, browsing dan surveylah ke beberapa vendor terlebih dahulu sebelum memutuskan. Karena wedding planner tidak hanya akan terlibat dalam satu hari atau dua hari saja melainkan beberapa bulan yang sangat penting dalam persiapan momen yang paling indah untuk kalian dan tentunya untuk keluarga juga. Jadi jangan sungkan untuk selalu ajak bertemu dan merasa “klik” dengan salah satu wedding planner sebelum deal ya.

– Vendor apa saja yang harus dicari jika tidak menggunakan jasa wedding planner?

Nah, jika kalian merasa mempersiapkan pernikahan adalah hal yang seru (dan tertantang untuk melakukannya sendiri) tentu ada beberapa vendor penting yang harus kalian mulai pilah pilih segera untuk menyukseskan acara pernikahan kalian nanti. Yang pertama tentu saja hunting tempat pernikahan yang paling sesuai dengan tiga hal utama sebelumnya. Sempatkan untuk survey ke beberapa pilihan tempatnya. Karena hasil foto di web browser tentu bisa berbeda dengan merasakan langsung ambience tempatnya, lho. Untuk memudahkan, sebelum mendatangi venue tersebut buatlah appoinment terlebih dahulu dengan pihak marketingnya dan tanyakan apakah tanggal pernikahan kalian masih available untuk tempat tersebut. Dari beberapa pilihan, pertimbangkan lagi beberapa hal terutama akses untuk keluarga maupun untuk tamu yang akan hadir nanti. Nah, kalian pasti sudah mulai memutuskan tempat mana yang paling cocok, kan?

– Selanjutnya setelah tempat pernikahan, vendor apa saja yang akan terlibat nantinya?

Biasanya tempat pernikahan di kota besar memiliki rekanan vendor catering, dekorasi dan dokumentasi. Kalian bisa memperoleh list rekanan tersebut pada marketing dan meminta tolong direkomendasikan mana saja vendor yang sesuai dengan konsep pernikahan kalian. Diantara sekian rekanan vendor kerucutkan pilihanmu jadi beberapa list dan minta penawaran dari masing-masing vendor. Selanjutnya jika memang penawarannya sesuai dengann budget kalian, mintalah untuk ketemuan dan survey langsung saat mereka sedang perform. Kalian bisa test food guna mencicipi makanan yang disajikan untuk vendor catering, atau melihat kualitas dekorasi yang ditampilkan untuk vendor dekorasi, dan memastikan contoh hasil output video dan foto untuk vendor dokumentasi.

Kemudian, ada beberapa vendor lagi yang masih harus kalian tentukan. Busana dan rias (juga adat), MC Acara, Musik entertainment, Souvenir dan Undangan. Juga mendaftarkan urusan pernikahan di Kantor Urusan Agama sesuai dengan kecamatan tempat kalian menikah nanti. Sekarang ini banyak sekali situs di web yang dapat memudahkan kalian memilih vendor-vendor yang berkualitas di kota tempat tinggal kalian. Seperti weddingku.com atau bridestory.com. Yang paling penting diantara waktu sibuk kalian, perbanyaklah browsing dan survey. Karena jaman sekarang semua serba digital, apapun dengan mudahnya bisa diupload. Baik di twitter, instagram, facebook, webpage, dan sebagainya. Cari tau lebih banyak dengan vendor pilihan kalian, agar tidak menyesal nantinya.

Terakhir, pastikan kalian memilih wedding organizer yang tepat untuk membantu kalian mengorganisir keseluruhan acara d hari bahagia kalian nanti. Tentunya wedding organizer yang baik juga bisa merekomendasikan vendor-vendor yang sesuai untuk kalian, lho. Jangan sungkan untuk bertanya ya.

– Jika memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer, apa saja yang akan calon pengantin dapatkan?

Pertama, jika kalian memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer tentunya akan ada beberapa internal meeting dan ceritakanlah seluruh progress pernikahan kalian juga sertakanlah list vendor yang sudah kalian pesan. WO akan meneruskan dan menjembatani kalian dengan para vendor tersebut untuk memudahkan kalian dalam urusan detailnya menjelang hari pernikahan. Kemudian WO akan membuat buku panduan acara yang berisi susunan kepanitiaan (jika ada keluarga yang ingin ikut terlibat) dan susunan rangkaian acara secara detail dan menyeluruh. Selanjutnya seluruh keluarga akan diinformasikan mengenai acara kalian dalam satu acara family meeting yang biasanya diadakan satu bulan menjelang acara pernikahan. Selain family meeting, WO juga akan mengatur acara technnical meeting untuk pembahasan lebih detail lagi dengan seluruh vendor di tempat pernikahan kalian biasanya diadakan dua minggu menjelang hari H. Di sini, calon pengantin dan keluarga tinggal mengikuti dan menambahkan jika masih ada yang dirasakan kurang. Selluruh pengisi acara juga akan dihubungi untuk diingatkan jam berapa mereka harus bersiap di hari pernikahan kalian. Nanti pada hari H, WO akan menurunkan beberapa orang crew sesuai dengan perjanjian yang akan bertugas mengatur dan mengorganisir juga mengecek seluruh vendor yang terlibat di hari kalian menjadi raja dan ratu semalam.

– Biasanya hambatan apa saja dalam mempersiapkan pernikahan yang dialami oleh calon pengantin?

Pada dasarnya, menyatukan beberapa isi kepala tentu bukanlah hal yang mudah. Setiap orang memiliki impiannya masing-masing dan harus ada satu pihak yang menjadi titik tengah untuk menjembatani beberapa kepala menjadi satu tujuan. Hari pernikahan ialah hari dimana seharusnya kalian dan seluruh keluarga juga tamu undangan yang hadir berbahagia bersama, maka jangan jadikan hambatan kalian suatu masalah yang besar dan segeralah cari jalan tengahnya hingga momen mempersiapkan pernikahan kalian menjadi kenangan yang akan jadi cerita indah saat hari pernikahan selesai nantinya.

Masih banyak lagi tentunya pertanyaan seputar mempersiapkan pernikahan yang bisa dibahas secara mendetail ya. Tapi setiap pasangan pasti memiliki pertanyaan dan ceritanya masing-masing. Yuk, berbagi dengan kami yang akan senang membantu mempersiapkan pernikahan kalian.

Salam,

FNC Wedding Team.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s