FNC Wedding Crew on D Day

Hello happy couples!

Bagaimana akhir pekan kalian kemarin? Mudah-mudahan menyenangkan ya terutama bagi kalian yang sedang sibuk mempersiapkan pernikahan kalian. Nah, mengawali minggu ini kami ingin cerita sedikit mengenai tugas dari crew kami yang biasa kami lakukan di hari pernikahan. Biasanya kami akan siap sekitar 4 jam sebelum acara dimulai. Ini berarti saat pengantin wanita mulai dirias kami sudah hadir di lokasi acara.

Di hari tersebut kami akan turun sebanyak 10 orang. Berikut tugas dari 10 orang crew kami.

1. Event Manager; Mempertanggung jawabkan pelaksanaan keseluruhan acara. Posisinya? Muter-muter memastikan semua vendor siap, memastikan pengisi acara siap, dan tentunya memastikan pengantin siap menjadi raja dan ratu semalam.

2. Stage Manager; Mengkoordinir kesiapan pengisi acara dan memastikan susunan acara terlaksana dengan baik DAN TEPAT WAKTU. Penting banget deh untuk sebuah acara pernikahan soal ketepatan waktu ini. Molor sediikit, kebelakangnya juga akan terussss molor dan siapa sih yang mau acaranya jadi berantakan gak sesuai dengan time schedule yang disepakati sebelumnya. Makanya posisi ini juga sama kerjaannya muter dan mastiin semua hal tepat waktu sesuai dengan time schedule yang sudah kita buat di buku panduan acara hari sebelumnya. Nah pas acara resepsi, baru deh seorang stage manager akan stand by di depan tangga naik pelaminan yang berfungsi juga sebagai stopper. Ini untuk memfilter tamu VIP pemangku hajat dan mengatur antrian salaman juga. Oia, kalo ada rekan-rekan yang ingin foto sama pengantin juga biasanya ketemu dengan stage manager ini.

Mengatur barisan kirab resepsi.

Mengatur barisan kirab resepsi.

3. MC & Entertainment Coordinator; Mendampingi MC acara agar sesuai dengan rundown yang telah dibuat dan memantau kerja dari vendor entertainment saat acara berlangsung. Selalu stand by di samping MC dan vendor entertainment untuk memantau kerja saat acara berlangsung. Sebelum acara dimulai, biasanya crew FNC briefing sebentar dengan MC untuk mengsinkronisasi kembali mengenai keseluruhan acara agar tidak ada yang miss atau terlewatkan. Dan memastikan vendor entertainment akan memainkan playlist utama dari kedua pengantin dan bisa bekerja sama baik  dengan MC acara. Jadi suara yang keluar nanti akan harmonis perpaduan dari MC dan entertainment.

Mendampingi MC sepanjang acara.

Mendampingi MC sepanjang acara.

4. Bride & Groom  (Parents) Personal Assistant; mendampingi pengantin & orang tua, memastikan setiap kegiatan yang melibatkan pengantin & orang tua berjalan sesuai jadwal. Yang ini selalu berada di sekitar pengantin. Namanya raja dan ratu sehari harus dong diperlakukan se-special mungkin. Jadi kalau butuh apapun tinggal bilang. Mau makan minum, disiapin. Mau manggil siapa, dipanggilin. Mau foto, difotoin. Apa aja boleh deh. Hehehe.

Selalu stand by disekitar pengantin & orang tua.

Selalu stand by disekitar pengantin & orang tua.

5. Family, Among Tamu dan Petugas Buku Tamu Coordinator; mengkoordinir persiapan keluarga besar & panitia yang bertugas, membantu memastikan setiap kegiatan yang melibatkan keluarga besar & panitia berjalan sesuai jadwal. Kalo koor ini biasanya muter-muter tapi paling sering adanya di ruang rias. Memastikan seluruh keluarga besar siapppp tepat waktu. Apalagi kalo banyak ibu-ibu yang dirias di gedung, nah lumayan juga nih untuk memastikan semua riasan ibu-ibu kelar pas sebelum acara foto-foto dimulai. Penting! Gak mau kan ada tante yang ketinggalan di foto keluarga besar.

6. Catering Coordinator; melakukan koordinasi dengan vendor catering dan mengecek keseluruhan detail order. Ini lebih muter lagiiii deh selama acara. Kalau sebelum acara, tugasnya memastikan posisi catering di hari H sudah sesuai layout dan tidak menggangu flow tamu undangan yang datang nanti. Terus mengecek jumlah piring di masing-masing stall. Nanti kurang lebih satu jam sebelum acara dimulai, bareng sama panitia keluarga hitung deh jumlah porsian menu yang disiapkan vendor. Nah selama acara, tugas kami melaporkan flow catering ke panitia. Jadi panitia pas acara silahkan santai-santai dengan keluarga ya. Tapi kalau mau ikut ngecek bareng kami ke pantry juga, monggo lho.

Mengecek jumlah order dengan capt waiter dan panitia keluarga.

Mengecek jumlah order dengan capt waiter dan panitia keluarga.

7.Equipment & Decoration Coordinator; mengecek kesiapan dekorasi dan perlengkapan juga melakukan serah terima kunci angpao, souvenir dan kado dengan pihak keluarga. Sebelum acara pusing deh ngecekin seiap detail dari dekorasi. Biasanya kan calon manten punya request tersendiri nih soal ini. Entah warna bunga, entah warna kain dekorasi, entah soal pernak-perniknya, entah soal bentuk rangkaian bunga, macem-macem deh. Tugas kami untuk memastikan semua dilaksanakan oleh vendor dekorasi. Termasuk mengecek juga kesiapan perlengkapan dan sound system. Supaya acara semakin lancarrr pas berlangsung nanti.

Memastikan perlengkapan dan dekorasi sebelum akad nikah.

Memastikan perlengkapan dan dekorasi sebelum akad nikah.

8. Documentation Coordinator; melakukan koordinasi dengan vendor dokumentasi dan mendampingi vendor dokumentasi yang bertugas. Yang ini tugasnya mendampingi vendor dokumentasi dan memastikan semua perlengkapan shoot siap pada waktunya. Jadi pas mantennya siap, tim dari vendor dokumentasinya juga harus siap dong.

Membantu mengarahkan pengantin di sesi foto pelaminan.

Membantu mengarahkan pengantin di sesi foto pelaminan.

9. Protocol Coordinator; mengatur akses tamu VIP, melakukan kerja sama dengan pihak keluarga atau instansi yang mengenali tamu VIP & mengantar tamu VIP menuju pelaminan dan area makan VIP. Semua tamu yang hadir pasti special. Nah dari yang special mungkin ada yang diutamakan. Ini namanya tamu VIP. Tugas kami mengatur akses tamu VIP ini, yang kami butuhkan dari keluarga ialah pengenal tamu VIP di area registrasi. Selanjutnya mengenai escort tamu ke pelaminan hingga ke ruang makan VIP sudah menjadi tanggung jawab kami agar tamu VIP tersebut merasa nyaman dan dihormati oleh pemangku hajat.

Siap menyambut tamu VIP yang datang.

Siap menyambut tamu VIP yang datang.

10. Security Coordinator; mengkoordinir kondisi lokasi dengan pihak keamanan setempat, mengecek akses jalur tamu dan membantu menerima bunga papan yang datang. Satpam? Bukan. Kami tugasnya mengontrol keamanan dari gedung dan dari panitia (jika ada). Memastikan keamanan di lokasi setempat. Pos kami ada di area kotak angpau. Tempat yang crusial dan harus selalu diawasi loh.

Nah, kurang lebih itulah tugas-tugas crew kami yang biasa kami lakukan di hari bahagia kalian. Tentu kami selalu berpatokan dengan wedding checklist yang berisi detail acara yang lebih mendalam lagi. Ini hanyalah gambaran secara garis besar saja. Tujuan kami, ingin manten dan orang tua juga keluarga besar bisa duduk manis menikmati acara baik akad maupun resepsi. Inshaa Allah kami atur sebaik mungkin dengan berkoordinasi dengan semua vendor dan pengisi acara. Yuk yang mau kami bantu dari mulai persiapan hingga hari H, jangan sungkan untuk menghubungi kami ya.

Salam,

FNC Wedding Team.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s